90 : 10 ~ blog bisnis internet
90 : 10

Saturday, February 7, 2009

90 : 10

. Saturday, February 7, 2009

32799_arms_wide_open Postingan kali ini, kembali saya mencoba untuk berbagi dengan anda semua tentang konsep diri yang bisa lebih memotivasi kita untuk sukses di bidang bisnis yang kita pilih. Apa maksud dari 90 : 10 dari judul postingan kali ini ? mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui tentang hal ini, tapi sekali lagi saya hanya ingin berbagi.

Sebuah gambaran akhir dari apa yang kita kerjakan sebaiknya digambarkan terlebih dahulu, akan tetapi sering kita dapati, dalam proses perjalannya kita dihadapkan pada suatu kondisi yang memang diluar dari kendali kita, dan bisa saja hal ini membuat kita menyerah dan  berhenti untuk melakukan yang pada akhirnya mengubur dalam-dalam semua impian yang sudah  tergambarkan sebelumnya.

Sebenarnya kondisi diluar kendali kita tadi hanya 10% saja pengaruhnya terhadap proses perwujuan impian, trus yang 90% nya apa dong Happy sabar ntar kita buka rahasianya

Menurut DR. Stephen R. Covey berlaku prinsip 90 : 10 terhadap apa yang menimpa kita yang akan menentulkan apakah kita akan sampai pada impian atau gambaran akhir kita atau tidak, prinsip 90 : 10 tersebut adalah :

  • 10% dari faktor-faktor diluar kendali kita
  • 90% ditentukan dari cara kita bereaksi terhadap yang 10% tadi

Bingung ya, sebenarnya saya juga bingung nih Happy

ok kita ambil contoh untuk lebih memperjelas lagi, salah satu pelaku bisnis internet yang menurut saya telah sukses.

Hampir semua orang mengenal nama Joko Susilo, menurut apa yang disampaikan beliau dalam e-book SMUO, pada saat beliau ingin memulai bisnis “Menjual Informasi” di internet, beliau dihadapkan pada kondisi negatif dari lingkungan sekitar, bukan hanya teman-teman beliau yang mentertawakan dan menganggap gila, bahkan orang tua beliau ikut sedih karena anaknya memilih sebuah profesi yang dianggap aneh dan tidak masuk akal, apalagi hasil yang didapat baru 25 – 50 ribu rupiah.

  • Ilustrasi Pertama.

Pak Joko Susilo bisa saja memutuskan berhenti pada saat itu juga karena berfikir mungkin ada betulnya juga apa yang disampaikan teman-teman beliau, apalagi orang tua beliau sepertinya tidak merestui, toh hasil juga masih relatif kecil, dan yang lebih memungkinkan adalah latar belakang beliau seorang sarjana tehnik sipil bagian arsitektur, yang saya tahu seorang arsitek bisa membuat gambar sebuah bangunan lengkap dengan RAB nya dan bisa menghasilkan jutaan untuk satu proyek, kebetulan saya punya teman seorang arsitek jadi bisa memberikan sedikit gambaran, apalagi beliau juga beberapa kali mengalami kerugian dalam bisnis-bisnis sebelumnya, sepertinya lengkaplah alasan Joko Susilo untuk memutuskan  berhenti dari bisnis internet.

  • Ilustrasi Kedua

Pak Joko Susilo terus berjuang dengan tujuan awal untuk membangun bisnis internet dengan menutup telinga terhadap pengaruh negatif dari lingkungan, membaca kisah-kisah sukses orang yang telah membuktikan sukses di bisnis internet. Belajar dan terus mencari cara dan konsep terbaik, mempelajari banyak sekali artikel diinternet, tip strategi, taktik atau materi baru lainnya, dan semua beliau lakukan sendirian tanpa seorang pembimbing, sampai akhirnya beliau berhasil dan bisa memiliki sebuah bisnis internet yang cukup besar yaitu FormulaBisnis.com.

Kedua reaksi dari ilustrasi diatas, walaupun dimulai dengan kondisi yang sama, namun diakhiri dengan kondisi yang jauh berbeda.

Orang bijak mengatakan “Apapun kejadian yang menimpa anda tidak ada artinya sama sekali, sampai anda sendiri yang memberikan arti dari setiap kejadian yang anda alami”. Kabar baiknya adalah 90% kita mempunyai kendali pilihan untuk mengartikannya dan sebaiknyalah kita mengartikan kejadian tersebut sebagai sesuatu yang mendatangkan keuntungan bagi kita dan keluarga sebelum sampai di KM 55.

Hidup ini jauh lebih nikmat dan berbahagia jika kita tahu bagaimana seharusnya kita bereaksi terhadap apapun yang menimpa kita.

Semoga bermanfaat dan sukses untuk anda semua.  



13 comments:

rekanbisnisku said...

Mengendalikan diri, memberikan arti dan mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri, keluarga, ataupun untuk orang banyak.
=====================
sukses ya Pa Alie.
semoga di berikan kesehatan selalu

ARIEF MAULANA said...

Kecepatan bereaksi juga bisa menentukan seberapa cepat kita sukses. Yg pentng setelah peluang nyata terlihat, langsung ambil tidakan.

Salam Sukses,
BLOG MOTIVASI ARIEF - Support Your Success for a Better Life

Mas Hengky said...

baguss... makin banyak joko susilo makin kereenn hehehe

Zamahsari se said...

Hidup memang sebuah pilihan dan pilihlah yang memang tepat. sip mas ayu maju terus dan Action.

Blog Bisnis Online

Umar Puja Kesuma, S.Pd. said...

Artikel yang menarik. 90% kesempatan yang diporsikan bagi kita mari dieksplorasi semaksimal mungkin. Masalah berhasil atau tidak, itu memang domain yang 10%.

Intinya, ayo kita ACTION bang Alie!!

KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

Atca said...

memanfaatkan waktu untuk belajar dan menggunakan kesempatan yang datang dengan sebaik2nya...
semoga sukses..

ayuzuricha said...

iya mas alie bener tuh kadang kita putus asa kalau dihadapkan dengan situasi hampir gagal, tapi harus tetep bangkit terus kan :)

madhysta said...

selamat mas ali.... selamat malem juga.... salam kenal juga.... dan lain lain....

madhysta said...

selamat mas alie.... selamat malam... salam kenal... dan lain lain....

yanuar said...

yang penting tumbuhkan semangat terus, hidup ini bagaikan HP, harus setiap hari di cas..hehehe

Ayu said...

Hidup Joko Susilo

Anonymous said...

sepertinya ada dua blok dalam menyikapi joko susilo, yang satu menganggapnya penipu, yang lain tidak. tapi yang saya tangkap dari tokoh ini adalah pentingnya mempelajari kegagalan bisnis. Saya sendiri untungnya tidak pernah membeli ebook tersebut karena sebelumnya saya telah membaca buku2 motivasi bisnis (yang sebagian besar menyarankan bisnis jaringan untuk bisnis awal) dan sedikit pengamatan di internet. Lalu saya menyadari adanya skenario di balik saran2 ini.

ini kesimpulan saya:
Kenapa bisnis jaringan? supaya kita gagal. Kenapa harus gagal? agar kita paham konsep kuadaran (lupa namanya) bahwa sebenarnya yang berbisnis adalah big boss (root dari bisnis jaringan) dan cabangnya (pada hakikatnya) adalah pegawai yang dikondisikan untuk merasa menjadi boss dan akan dipersiapkan untuk rugi.

Kenapa harus rugi? karena itu adalah resiko dalam berbisnis, jadi kita harus terlatih untuk mengalami kerugian.

Kenapa dengan cara seperti ini? agar kita menyadari bahwa sampah pun bisa menjadi uang, tergantun cara memasarkannya.

salam dari blok netral...

Bisnis Internet said...

hehe...
sayapun sedang dihadapkan pada kegagalan...
namun menurut sya kita harus tetap optimis dalam mengusahakn segala sesuatu..

banyak orang yang cuman bermimpi mendapatkan uang melalui "bisnis internet" dengan mudah...
padahal hal yang paling diperlukan adalah kesiapan mental serta action yang ia lakukan dalam berbisnis tersebut...

salam sukses.... :)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
http://1st-bisnis-internet.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com