Apa itu Affiliate Marketing? ~ blog bisnis internet
Apa itu Affiliate Marketing?
Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar melalui Affiliate Marketing
SEO Complete Guide for Wordpress

Cara Tepat Belajar ClickBank

Friday, January 9, 2009

Apa itu Affiliate Marketing?

. Friday, January 9, 2009

Salah satu model bisnis yang populer di dunia internet marketing atau bisnis di internet adalah affiliate marketing. Seseorang yang baru belajar internet marketing, umumnya disarankan untuk belajar affiliate marketing karena prosesnya lebih mudah dibanding membuat dan menjual produknya sendiri. Anda bisa membaca post 17 Kelebihan Affiliate Marketing jika ingin tahu alasannya. Ok kembali ke topik : Apa itu affiliate marketing ?



Affiliate marketing itu sebenarnya model bisnis yang dari dulu sudah ada, cuma namanya saja yang sekarang tampak canggih, padahal dari dulu aktifitas bisnis seperti ini sudah ada yaitu bisnis makelar atau perantara ;) Bedanya cuma affiliate marketing itu bekerjanya di dunia internet / online sehingga bisa saja disebut makelar online he..he.. Jangan tersingung ya disebut makelar, saya juga affiliate marketer, jadi juga seorang makelar, sama dong :)

Contoh Kasus Makelar Offline

Contoh makelar offline atau makelar di dunia nyata yang gampang diceritakan adalah di bisnis jasa pernikahan. Semisal salon A adalah penyedia baju pengantin dan make up bagi calon pengantin. Si Wati cocok dengan disain baju pengantin salon A dan memutuskan untuk mengambil paket yang disediakan salon A yaitu baju pengantin dan make-up / rias pengantin. Jika pemilik salon A adalah orang yang pintar jualan (kebanyakan orang salon memang pintar jualan), dia akan menawarkan ke si Wati untuk mengambil sekalian dekorasi panggung pengantin dengan harga yang menurut pemilik salon A adalah murah dan bagus. Tentu saja pesannya harus lewat pemilik salon A agar bisa lebih murah. Ingat kata kuncinya ‘lewat‘. Si Wati setuju untuk memesan dekorasi panggung pengantin lewat pemilik salon A. Belum selesai sampai disini, si pemilik salon A menanyakan kembali ke si Wati, apakah sudah memesan mobil pengantin. Tentu saja biasanya belum, kan masih 3 bulan lagi nikahnya. Jadilah si Wati selain membeli baju pengantin dan paket rias di salon A, juga memesan mobil pengantin dan dekorasi panggung lewat si pemilik salon A. Si pemilik salon A jelas akan menerima komisi dari pemilik jasa dekorasi panggung dan pemilik jasa sewa mobil pengantin. Ini adalah hubungan yang win-win atau menang-memang. Si Wati jadi tidak repot harus mencari jasa dekorasi panggung dan sewa mobil pengantin, dan juga bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah. Si pemilik salon A dapat komisi. Si penyedia jasa dekorasi panggung dan jasa penyewaan mobil pengantin juga untung walaupun mereka harus bayar sedikit komisi karena order jadi masuk tanpa harus susah-susah cari. Itulah cara kerja makelar offline.

Cara Kerja Affiliate Marketing / Makelar Online

Nah sekarang bagaimana cara kerja makelar online atau affiliate marketing ? Lihat diagram di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Affiliate Marketing Diagram

Secara sederhana bisa dijelaskan tugas utama dari seorang affiliate marketer adalah mengirimkan visitor / pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant / toko. Saat visitor / pengunjung itu melakukan pembelian atau melakukan suatu transaksi di website merchant, si merchant akan tahu bahwa visitor itu datang dari Anda dan oleh sebab itu Anda akan diberi komisi oleh merchant tersebut. Bagaimana si merchant bisa tahu visitor itu datang dari Anda ?

Ketika seorang visitor yang datang ke website affiliate Anda dan meng-klik sebuah link yang membawanya ke website merchant, pada saat itu sebenarnya ada proses di belakang layar yang terjadi. Sebuah cookie, sebuah istilah teknis, yang sebenarnya adalah sebuah file kecil yang ditaruh di komputer pembeli saat mereka meng-klik link ke website merchant. Cookie ini berguna untuk memberitahu si merchant bahwa visitor / pengunjung tadi datang dari affiliate / makelar yang mana sehingga tidak akan terjadi si merchant salah memberikan komisi ke affiliate lain.

Yah cuma itu saja sebenarnya affiliate marketing. Sederhana bukan ? Ya sangat sederhana, apakah mudah ? Tidak selalu. Anda perlu melakukan kerjanya untuk berhasil di affiliate marketing, sama seperti bisnis apapun. Ingat ini sebuah bisnis, bukan sebuah lotere :)

Di luar negeri, hampir semua merchant / toko yang menjual produk dan jasa memiliki program affiliate. Dari nama besar seperti : Walmart, Home Depot, eBay, Yahoo, Dell, HP, Sony hingga merchant-merchant kecil yang kemungkinan besar belum pernah Anda dengar namanya. Ada ribuan atau bahkan puluhan ribu merchant yang memiliki program affiliate. Sehingga sebagai seorang affiliate marketer, Anda tidak akan pernah kekurangan produk / jasa yang mau di promosikan. Justru sebaliknya, Anda seringkali akan bingung mau mempromosikan produk / jasa / penawaran yang mana. Waktu setiap orang hanya maksimal 24 jam, Anda harus memilih merchant atau program affiliate yang mana yang mau Anda promosikan.

sumber : belajarbisnisinternet.com




1 comments:

Unknown said...

Thanks for this nice post

Affiliate Marketing

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
http://1st-bisnis-internet.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com